MAMALIA AIR


  • Definisi dan Ciri-ciri Mamalia Air

Mamalia air adalah jenis binatang menyusui yang sebagian besar hidupnya dilakukan di air.

Ciri-ciri :

  1. Mempunyai kelenjar susu, yang betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya.
  2. Ada yang Mempunyai rambut, tubuh endoterm atau berdarah panas.
  3. Mempunyai otak yang mengatur system peedaran daah, termasuk jantung yang beruan empat.
  4. Memiliki tiga tulang pendengaran dalam setiap telinga dan satu tulang dentari di setiap sisi rahang bawah.
  5. Mamalia memliki integumen yang terdiri dari tiga lapisan: paling luar adalah epidermis, yang tengah adalah dermis, dan paling dalam adalah hipodermis.
  • Macam-macam Binatang Mamalia Air

-          Mamalia Air Tawar

  1. Ordo Carnivora
    1. Lutra Canadensis

Lutra-lutra termasuk kedalam family Musteliidae da dalom ordo carnivore.

Lutra Canadensis adalah berang-berang sungai utara

Ciri-ciri : tubuh ditutupi rambut yang tebal dan halus, dan tetap dalam keadaan kering walau berda didalam air.

Pakan : Kerang (Anonim, 2008)

  1. Ordo Monotremata
    1. Platypus

Merupakan juga hewan mamali air atau hewan semi aquatic dari ordo monotremata yang sering hidup di bagiam timur Australia.

Ciri-ciri :, Tubuh platipus ditutupi bulu berwarna coklat yang menjaga agar tubuhnya tetap hangat. Kaki platipus berselaput seperti bebek. Platipus juga memiliki paruh seperti bebek. Paruh ini digunakan sebagai organ sensor. Berat platipus berkisar antara di bawah 1 kg sampai dengan lebih dari 2 kg. Panjang tubuhnya sekitar 30-40 cm dan panjang ekornya sekitar 10-15 cm (jantan) dan 8-13 cm (betina). Platipus jantan lebih besar hingga 3x betinanya. Pada kulit tertutup rambut halus, yang terdiri dari dua rambut, yaitu rambut panjang dan rmbut pendek. Fungsi rambut pendek berfungsi untuk melindungi kulit supaya tidak basah.

Reproduksi : Ovipar, hewan ini bertelur dan kemudian diengkrami sendiri sampai beranak.

Pakan ; Makanan dari platypus adalah bangsa krustacea, cacing serta ikan-ikan kecil.

karakter : Platypus sering membuat sarang ditepi sungai. Lubang sarang pada posisi atas permukaan air, sedangkan platypus masuk lewat dalam air. Platipus juga adalah hewan berbisa. Bisa ini digunakan dalam pertarungan perebutan wilayah atau pertempuran antar teman. Platipus adalah hewan malam dan semi-akuatik. Platipus adalah perenang yang baik dan menghabiskan banyak waktunya di dalam air untuk mencari makanan. Ketika berenang, platipus menutup matanya rapat-rapat dan menyerahkan sisanya kepada indra lainnya. Keempat kaki platipus berselaput. Ketika ia berenang, ia mengayuh dengan menggunakan kedua kaki depannya. Dan untuk menjaga keseimbangan tubuhnya digunakan ekornya dan kedua kaki belakangnya. Platipus memakan cacing, larva serangga, dan yabbie yang digalinya atau ia tangkap pada saat berenang.  (Raharjo, 2008).

  1. Ordo Artiodactyla
    1. Kuda Nil (Hippopotamus amphibious)

Hewan ini termasuk mamalia dari faamili Hippopotamidae. Hewan ini berukuran besar dan hidup di Afrika.

Ciri-ciri : Kuda nil Memiliki tubuh yang besar dan kuat, Kulit kuda nil berwarna kelabu gelap. Kuda Nil juga memiliki gading yang besar yang berfungsi untuk melindungi dari predator.

Habitat : Di air tawar seperti sungai dan danau.

Makanan : Hebivora, rumput-rumputan (anonim, 2008)

Karakter : Tidak tahan panas, Hewan ini naik kedarat pada hari-hari atau waktu-waktu yang sejuk (Raharjo, 2008)

  1. Ordo Rodentia
    1. Ondatra zibethicus
    2. Ordo Insectivora
      1. Sorek palustris

-          Mamalia Air Laut

  1. Ordo Sirenia
    1. Manatees

Manatees disebut juga sapi laut

Ciri-ciri : Tubuh lebih membulat dibandingkn duyung, serta bulu pada manatees lebih tebal dibandingkan duyung. Pada moncong tumbuh rambut atau seperti kumis putih. . Sapi laut biasanya suka hidup di perairan dangkal dekat pantai. Ukuran tubuhnya bisa sepanjang 7,6 meter dan warnanya kelabu kecokelatan dengan pola polka dot samar.  (Raharjo, 2008).

  1. Dugong atau Duyung

Merupakan mamalia air atau binatang menyusui yang hidup di air.

Ciri-ciri : Bernafas dengan paru-pru, acar berkembang biak dengan melahirkan. berat badan duyung mencapai 500 kg, dan panjang tubuhnya 3 meter. Ciri yang lebih khas adalah mamae ikan duyung berada diantara dua sirip samping. Dugong berwarna cokelat kelabu, dan mampu hidup sampai usia 70 tahun.

Habitat ; duyung hidup dilute yang dangkal

Makanan : Rumput laut yang berada didasr laut, duyung adalah mamalia air herbivore.

Karakter : Duyung mengandung dan melahirkan di laut lepas. Cara memakan duyung seperti sapi (Siswandi, 2008)

  1. Ordo Carnivora
    1. Family Ursidae
      1. Beruang Kutub

Beruang kutub atau polar bear adalah mamali air yang termasuk kedalam carnivore murni.

Ciri-ciri : Pada kulit tertutup lemak dan rambut putih, pada jantan fisiknya lebih besar dibanding pada betina. Pada moncong berwarna hitam, dan pada telapak kaki berwarna coklat. Beruang Polar dewasa jantan seberat antara 400 hingga 600 kilogram dan kadang kala melebihi 800 kg. Beruang Polar betina sekitar separuh berat beruang jantan dan biasanya seberat antara 200 hingga 300 kg. Beruang jantan dewasa sepanjang 240 hingga 260 sentimeter dan beruang betina antara 190 hingga 210 cm. Ketika baru lahir, bayi beruang seberat 600 hingga 700 gram.

Makanan : Anjing laut dan Walrus

Karakter : Bisa berenang sejauh 90 ml tanpa istirahat. Ketika jantan melihat betina sedang memelihar anaknya, maka jantan akan memakan anak sibetina tersebut (Raharjo, 2008)

  1. Family Mustellidae
    1. Berang-berang laut

Berang-berang merupakan hewan pengerat yang berasal dari Amerika Utara dan Eropa serta hidup di dua tempat air dan darat (Anonim, 2008).

Ciri-ciri : Tubuh berang-berang diselimuti bulu tebal dan halus yang bisa tetap kering walau berada dalam air. Bulu ini melindungi mereka dari udara dingin. Tubuh berang-berang panjang, langsing dan bergerak lincah. Mereka adalah perenang yang andal. Jarinya dilengkapi dengan kuku-kuku tajam yang berguna untuk menangkap mangsa.

Makanan : Ikan, mamalia kecil dan hewan air lainnya.

Karakter : Berang-berang adalah pemburu yang tangguh, mampu melakukan aktivitas berburu selama 3-5 jam/ hari (Anonim, 2008).

  1. Family Otariidae
    1. Singa laut

Singa laut adalah hewan yang juga termasuk kedalam mamalia air dan juga termasuk kelompok anjing laut tetapi berbeda family.

Ciri-ciri : Lebih banyak rambut dan lebih gemuk (badan tidak rata), bagian leher atas lebih menonjol daripada anjing laut. Pada Peruvian Sea Lion ciri-cirinya agak gemuk, lingkar badannnya 50 cm. dan warna bulunya kekuning-kuningan. Sedangkan singa laut terbesar adalah Stellers Sea Lion, Panjang badannya pada jantan mencapai 3 meter bobotnya mencapai 1000 kg, sedangkan pada betina panjang mencapai 2 meter, sedangkan beratnya 300 kg. Pada jenis Australia Sea Lion dan Hookers Sea Lion panjang pada jantan 2,5 meter sedangkan pada betina 1,75 meter

Habitat : Di lautan Pasifik dekat California, utara Meksiko, dan Kepulauan Galapagos.

Karakter : Senang hidup berkelompok, Saat menyususi singa laut berada didarat.

Potensi : Singa laut ini sangat cerdas, sehingga sering dipertunjukkan di show-show ikan. Kulit singa laut mahal, sehingga sering digunakan sebagai topi, bajuhangat atau hiasan lainnnya (Siswandi, 2001).

  1. Family Odobenidae
    1. Walrus

Adalah mamalia laut seperti anjing laut, Biasanya hidup dilaut utara.

Ciri-ciri : Rambut pada walrus pendek, mempunyai kumis yang kasar tetapi panjang. Ciri yang khas adalah mempunyai taring yang seperti gading panjang keluar yang ukurannya bisa mencapai satu meter.

Potensi : kulitnya (Anonim, 2008)

  1. Family Phocidae
    1. Anjing laut

Anjing laut adalah mamalia besar yang termasuk ordo karnivora dan hidup di daerah sejuk dan air.

Ciri-ciri : Bertubuh licin dan cukup besar, sebagian besar hidupnya dilakukan di habitat aquatik. Kaki depannya digunakan sebagai tangan yang ukurannya cukup besar dan berbentuk seperti sirip. Anjing laut terkecil, yaitu Arctocephalus galapagoensis memiliki berat sekitar 30 kg untuk ukuran dewasa dan panjang 1.2 meter. Anjing laut terbesar, yaitu anjing laut gajah selatan (Mirounga leonina) memiliki panjang maksimal hingga 4 meter dan berat 2200 kg.

Makanan : Ikan, cumi dan hewan laut lainnya, bahkan ada jenis anjing laut Hydrurga leptonyx, merupakan anjing laut predator terbesar diantara anjing laut lainnya, yang makanannya penguin, samapi anjing laut lainnya.

Karakter : Carnivora, anjing laut tidak memeinum air laut, memperoleh persediaan air di tubuh dari makanannya berupa ikan-ikan segar (Anonim, 2008).

  1. Ordo Cetacea
    1. Paus

Paus Beluga (Delphinepterus Leucas)

Paus beluga disebut juga paus putih, ini termasuk ordo cetacean yang hidup diperairan kutub utara

Ciri-ciri : Paus ini termasuk kedalam paus kecil, ukuran tubuhnya 3-4 meter, beratnya mencapai 500-700 kg. Warna tubuh paus ini adalah putih. Kepala berbentuk melon yang berisi udara untuk menghasilkan suara.

Karakter : Mampu mengeluarkan lengkingan suara yang tinggi, lengkingan suara tersebut sebagai alat komunikasi dengan beluga lainnya (Anonim, 1997).

  1. Paus Balin

Paus balin disebut juga paus besar. Paus ini memiliki tulang penyaring untuk menyaring makanan dari air.

  1. Paus Biru

Paus Biru adalah mamalia air yang termask kedalam subordo paus balin. Binatang ini adalah binatang mamalia sekaligus binatang terbesar didunia saat ini. Binatang ini bukan binatang berbisa dan sering menyerang manusia.

Ciri-ciri : Ikan ini bernapas dengan paru-paru, binatang ini memiliki ekor mendatar sehingga mudah muncul dipermukaan. Sering memancarkan air yang berasal dari dua lubang hidungnya. lubang hidung itu digunakan paus untuk  bernapas. Pada saat di air luang hidung tersebut tertutup oleh katup supaya tidak kemasukan air.Ikan ini termasuk paus berdarh panasTubuhnya Penuh emas, hampir 1/3 dari tubuhnya adalah lemak. Sirip dorsal paus biru kecil.

Pakan : Kriil (Crustacea kecil) Serta ikan-ikan kecil.

Karakter : Ikan paus ini isa bertahan tiga perempat jam dilalam laut, kemudian muncul dipermukaan untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya (Siswandi, 2008).

  1. Paus Bungkuk

Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) adalah paus balin, salah satu spesies rorqual terbesar, panjang paus bungkuk dewasa sebesar 12-16 meter dan memiliki berat 36.000 kilogram. Paus Bungkuk memiliki bentuk tubuh yang istimewa, dengan sirip dada panjang dan kepala menonjol. Hewan ini adalah hewan akrobatik, sering muncul di permukaan air. Jantan mengeluarkan lagu yang terdengar selama 10 sampai 20 menit dan diulang untuk beberapa jam pada satu waktu. Peran lagu ini belum diketahui, walaupun sepertinya memiliki peran dalam berpasangan (Anonim, 2008)

  1. Paus Sirip

Paus Sirip (Balaenoptera physalus) adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Paus, yang memiliki panjang hampir sepanjang 27 meter, adalah paus terbesar kedua dan binatang terbesar kedua di dunia setelah paus biru.

Ciri-ciri : berpostur panjang dan langsing. Tubuh paus sirip berwarna abu-abu kecoklatan tetapi bagian permukaan bawah lebih terang. Terdapat 2 subspesies: paus sirip utara di Atlantik utara dan paus sirip Antartika di samudera daerah selatan. Paus ini dapat ditemui di semua samudera utama dunia, dari daerah kutub sampai lautan tropis. Paus ini tidak dapat ditemui di perairan ber-es seperti di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Paus ini juga tidak dapat ditemui di perairan kecil yang jauh dari samudera terbuka. Populasi terbesar paus ini ditemukan di perairan hangat dan dingin.[3] Makanan paus ini adalah ikan, cumi-cumi dan crustacea, termasuk mysidacea dan krill (Anonim, 2008)

  1. Lumba-lumba
    1. Lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus)

Adalah species lumba-lumba yang habitatnya diperairan hangat.

Ciri-ciri : Mempunyai warna abu-abu yang bervariasi, dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip di bagian punggung sampai abu-abu muda keputih-putihan dibagian bawah. Panjang mencapai 2-4 meter, dan berat 150-650 kilogram.

Habitat : diperairan hangat seluruh dunia, keculai samudra Arktik dan Samudra Selatan.

Karakter : Lumba-lumba memepunyai sonar, semacam radar yang dipancarkan dari mellon, lalu dipantulkan dan diterima kembali dengan rahang bawahnya, dengan sonar ini lumba-lumba dapat mengetahui barang-barang didalam lautan yang gelap.. Lumba-lumba juga cerdas, mudah dilatih sehingga dapat melaksanakn perintah yang diberikan oleh pelatih (Siswandi, 2001).

  1. Pesut

Pesut juga dinamakan lumba-lumba air tawar, hewn ini juga termasuk kelas mamalia.

Habitat : disungai (India, Indocina, Filipina, Kalimantan).

 

 

 

 

REFERENSI

 

Anonim, 2008. http://id.wikipedia.org/wiki/

(diakses pada tanggal 19 November 2008)

 

Anonim. 2008. http://www.sinarharapan.co.id/berita/0604/24/ipt05.html.

(diakses pada tanggal 19 November 2008)

 

Anonim, 2008. http://animaldiversity.ummz.umich.edu/

(diakses pada tanggal 19 November 2008)

 

Anonim 1997. Kamus Istilah Kesehatan Hewan dan Peternakan. Penerbit kanisius. Yogyakarta

 

Raharjo, Slamet. 2008.

(Pengantar Kuliah Blok 2, Unit Pembelajaran 5)

 

Siswandi, Drs. 2001. Binatang Pantai dan Laut. Sasmita Utama. Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Perihal imam abror
Belajar menjadi yang terbaik di mata Alloh. Hidup ini singkat dan hanya satu kali, manfaatkan tidak hanya untuk kepentingan sendiri, tapi untuk kepentingan orang banyak, Alloh beserta orang-orang yang peduli….

4 Responses to MAMALIA AIR

  1. Ema Rachmaniawaty mengatakan:

    terima kasih,membantu sekali buat anak saya yg dapet tugas sains dari sekolahnya….

  2. Si Fer mengatakan:

    tau gak ikan mamalia (menyusui) lain selain paus dan lumba-lumba?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: